Selasa, 09 Agustus 2016

Silabus IPA Kelas 3 SD



SILABUS

Mata Pelajaran           :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          :     III/1
Standar Kompetensi   :     Makhluk hidup dan proses kehidupan.
1.     Memahami cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
2.     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Benda dan sifatnaya.
3.     Memahami sifat-sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari



KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
PENILAIAN

1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup


















          Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
































Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi tumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)







Ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhannya






Kebutuhan makhluk hidup



Penggolongan hewan






Penggolongan tumbuhan

































Perubahan pada makhluk hidup
















     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan cirri-cirinya



     Menjelaskan akan kebutuhan manusia,hewan, dan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya

     Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya





     Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan makanan beserta contohnya
     Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya
     Menjelaskan cirri-ciri hewan sesuai dengan golongannya

     Menyebutkan penggolongan tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya
     Menyebutkan penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daunnya
     Menyebutkan penggolongan tumbuhan berdasarkan akar
     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan sesuai dengan penggolongannya

     Mengidentifikasi perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar
     Menafsirkan berdasarkan pengukuran bahwa pertambahan tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan







      Mengamati makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan di sekitar sekolah dan teman sekelas
      Mengumpulkan benda-benda di sekitar sekolah seperti batu, kayu, buku, meja.
      Membandingkan cirri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup

      Menjelaskan bahwan makhluk hidup mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya
      Mendiskusikan kebutuhan maklhuk hidup
      Mengamati bermacam-macam gambar hewan
      Mengelompokkan  hewan-hewan yang memiliki kesamaan makanan, cara berkembangbiaknya ataupun tempat tinggalnya


     Menyimpulkan bahwa hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat tinggalnya, makanannya, atau cara berkembangbiaknya
      Melakukan tanya jawab tentang cirri-ciri hewan berdasarkan penggolongannya 


      Mengumpulkan bermacam-macam tanaman
      Pengamatan terhadap macam-macam tanaman misalnya mengamati bentuk daun, batang, akar, bunga, dan lain-lain
      Mengelompokkan tanaman-tanaman yang memiliki kesamaan, misal berdasarkan bentuk daun, akar,batang
      Melakukan tanya jawab tentang cirri-ciri tumbuhan berdasarkan penggolongannya
      Menyimpulkan bahwa tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki










      Mengamati gambar pertumbuhan manusia.
      Mendiskusikan bahwa bertambahnya tinggi badan, bertambahnya berat badan merupakan selah satu cirri pertumbuhan makhluk hidup
      Mendiskusikan beberapa perubahan yang dapat diamati selama makhluk hidup mengalami pertumbuhan
      Mendiskusikan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
      Tanya jawab tentang bahwa makanan sangat penting bagi pertumbuhan
      Menjelaskan bahwa rekreasi, istirahat, olahraga penting bagi pertumbuhan.



.... JP








.... JP




.... JP







.... JP








.... JP

Buku IPA SD kelas 3

Lingkungan sekitar




Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekolah

Buku IPA SD kelas 3
Gambar bermacam-macam hewan


Buku IPA SD kelas 3
Bermacam-macam tanaman




Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar
Gambar pertumbuhan manusia



















Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar
Gambar pertumbuhan manusia











Tertulis
Perbuatan







Tertulis




Tertulis
Unjuk kerja






Tertulis
Unjuk kerja







Tertulis
Lesan
2.1   Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan

Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat

     Menyebutkan cirri-ciri lingkungan sehat
     Menyebutkan cirri-ciri lingkungan tidak sehat
     Membedakan kondisi
    lingkungan sehat dengan lingkungan yang tidak sehat
     Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
     Mengidentifikasi lingkungan yang baik bagi kesehatan
     Menjelaskan ciri rumah yang sehat
      Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah yang menunjukkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
      Mencatat hasil pengamatan tentang cirri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
      Menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
      Menjelaskan bahwa lingkungan berpengaruh terhadap kesehatan
      Mendiskusikan hal-hal yang harus ada dalam rumah sehat.


... JP
Buku IPA SD kelas 3 Lingkungan sekitar sekolah



Tertulis
Perbuatan



2.2   Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan

Lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan

      Mendiskusikan hal-hal yang yang harus dilakukan agar lingkungan sehat (misalnya : menanami tumbuhan, membuang sampah di tempatnya)
.... JP
Buku IPA SD kelas 3


Lisan
Perbuatan



2.3   Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar

Cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
     Menjelaskan cara yang dapat dilakukan agar lingkungan sehat
     Memberi contoh kegiatan  nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
     Membuat laporan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
     Menanamkan  pemahaman bahwa setiap orang memiliki kewajiban untuk selalu memelihara kesehatan lingkungan

.... JP
Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar
Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja

3.1 M    engidentifikasi sifat-sifat benda  berdasarkan pengamatan meliputu benda padat, cair dan gas

Sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
     Menyebutkan jenis-jenis benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
     Membedakan sifat benda padat, cair, dan gas

     Membuat daftar benda-benda yang termasuk padat, cair  atau gas
     Menyediakan benda-benda padat dan cair misalnya air, minyak goreng, sirop, minyak tanah, kapur, pasir, batu
     Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat benda padat, cair,dan gas
     Menarik kesimpulan dari hasil percobaan tentang sifat-sifat benda padat, cair dan gas
.... JP
Buku IPA SD kelas 3
Bend-benda cair
Benda-benda padat


Tertulis
Perbuatan



3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa ) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka


Perubahan sifat benda



     enjelaskan bentuk-bentuk perubahan sifat benda
     enjelaskan hal-halyang dapat menyebabkan terjadinya pwerubahan sifat benda



     enyediakan benda-benda yang akan diamati perubahan sifat misalnya tanah liat, kertas, apel, plastik, es batu, kayu
     iswa mengamati dan mencatat sifat benda sebelum mengalami perubahan


     Melakukan percobaan untuk menyelidiki hal yang menyebabkan terjadinya perubahan missal dibakar, dijemur, lbiarkan terbuka, erta perubahan yang terjadi
     Mencatat hasil pengamatan dan mengambil kesimpulan

.... JP
Buku IPA SD kelas 3
kelas 3
Alat-alat percobaan


Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja



3.3   Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
Sifat benda dan kegunaannya
     Mengidentifikasi sifat-sifat benda ( plastic, kayu, kaca, dan kertas)
     Menjelaskan kegunaan benda-benda (plastic, kayu, kaca dan kertas) yang disesuaikan dengan sifatnya

     Membuat daftar benda- benda yang banyak digunakan di rumah/sekolah yang terbuat dari plastic, kaca,kayu,dan kertas
     Melakukan diskusi mengapa benda-benda tersebut terbuat dari bahan-bahan tertentu misalnya gelas dari kaca, meja dari kayu, ember dari plastic, buku dari kertas
     Mendiskusikan hubungan sifat-sifat bahan dengan kegunaannya

.... JP
Buku IPA SD kelas 3
Alat-alat percobaan

Tertulis
Unjuk kerja









SILABUS


Mata Pelajaran           :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          :     III/2
Standar Kompetensi   :     Energi dan perubahannya.
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi, dan sumber energi.
5.     Menerapkan konsep energi gerak.
Bumi dan alam semesta.
6.     Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.


KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
PENILAIAN

4.1   Menyimpul-kan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran











Gerak benda

















   Menyebutkan berbagai macam gerak gerak benda berdasarkan pengamatan
   Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi gerak benda
   Menyebutkan kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari










   Melakukan percobaan untuk menyelidiki gerak-gerak benda pada bola, batu, helikopter kertas, air, kaleng susu,dsb
   Menuliskan gerakan setiap benda misalnya gerak bola memggelinding dan memantul, gerak batu jatuh ke bawah
   Mendiskusikan hubungan gerak benda dengan gunanya missal gerak bola menggelinding dengan roda pada kaki lemari
   Menulis laporan tentang benda-benda yang memanfaatkan gerak benda

   Penjelasan tentang energi panas dan sumber energi panas serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari melalui praktik mengeringkan kain yang basah

…. JP





















Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar













Tertulis
Perbuatan












4.2   Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari


Energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari


      Menyebutkan bentuk-bentuk energi
      Menunjukkan adanya pengaruh energi panas dalam kehidupan sehari-hari
      Menunjukkan adanya pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
      Menjelaskan bahwa getaran menimbulkan bunyi dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari


      Penjelasan tentang pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari melalui pengamatan terhadap kipas angin
      enyelidiki bahwa getaran menimbulkan bunyi melalui praktik
      Mendiskusikan pengaruh bunyi dalam kehidupan sehari-hari


... JP
Buku IPA SD
Tertulis
4.3   Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya


Sumber energi dan kegunaannya


      Menyebutkan sumber-sumber energi
      Memberikan contoh penggunaan berbagai macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
      Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi


      Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
      Bertanya jawab tentang penggunaan berbagai macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari misalnya sinar matahari berguna untuk mengeringkan pakaian, pembangkit listrik.

…. JP
Buku IPA SD
Tertulis
5.1   Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi gerak



Penerapan konsep energi gerak



      Membuat kincir angin
      enyusun laporan tentang cara kerja kincir angin
      Menyediakan alat dan bahan untuk menbuat kincir angin
      Mempraktikkan membuat kincir angin
      Menyelidiki bahwa kincir bergerak karena adanya perubahan dari energi angin menjadi gerak
      Melaporkan hasil penyelidikan tentang energi angin dapat berubah menjadi energi gerak


.... JP
Buku IPA SD
Unjuk kerja
5.2   Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Penghematan energi
      Memberi contoh penerapan cara menghemat energi di rumah atau di sekolah



      Melakukan tanya jawab tentang sumber-sumber energi
      Mendiskusikan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
      Penjelasan bahwa hemat energi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
... JP
Buku IPA SD
Tertulis

6.1   Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar






Penampakan permukaan bumi






      Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan perairan )
      Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
      Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak rata

      Mengamati globe atau peta dunia
      Menjelaskan arti warna pada globe atau peta misalnya warna biru menggambarkan laut, warna coklat menggambarkan gunung dan pegunungan
      Tanya jawab mengenai permukaan bumi yang tidak rata berdasarkan pengamatan terhadap globe atau peta


… JP

Buku IPA SD

Tertulis
Perbuatan

6.2   Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca



Cuaca




      Menyebutkan keadaan cuaca missal berawan, cerah, panas , dingin, hujan
      Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
      Menggambarkan secara sederhana simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
      Siswa mengamati keadaan langit
      Menuliskan keadaan langit saat itu
      Menceritakan untuk meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi
      Memberi contoh simbol-simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
... JP
Buku IPA SD
Tertulis
Lisan
6.3   Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
Cuaca dan pengaruhnya bagi manusia




      Menyebutkan kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
      Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan cuaca


      Mendiskusikan kegiatan manusia yang mengandalkan pada hujan atau panas, misalnya menanam padi di musim hujan, membuat batu bata di musim panas
      Melakukan tanya jawab tentang pakaian yang dikenakan siswa ketika dingin, ketika panas, atau ketika olah raga
      Menyimpulkan bahwa cuaca mempengaruhi kegiatan manusia serta pakaian yang dikenakannya

.... JP
Buku IPA SD
Tertulis
6.4   Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar

      Menjelaskan contoh sumber daya alam dan kegunaannya
      Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam

      Memperhatikan gambar tentang lingkungan yang rusak akibat penambangan pasir
      Siswa menanggapi secara lisan isi gambar
      Menjelaskan pengertian dari sumber daya alam

…. JP
Buku IPA SD
tertulis


      Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan / pelestarian
      Menjelaskan tindakan yang dapat merusak lingkunhgan
      Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan

      Tanya jawab tentang contoh-contoh sumber daya alam dan kegunaannya
      Mendiskusikan tentang perilaku yang merusak lingkungan dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan
.... JP
Buku IPA SD
Lisan









Mengetahui,

Kepala Sekolah





, .......................................

Guru Kelas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar