SILABUS
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi : Makhluk hidup dan proses kehidupan.
1. Memahami cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta
hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Benda dan sifatnaya.
3. Memahami sifat-sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BAHAN
|
PENILAIAN
|
1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi
tumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan
olah raga)
|
Ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhannya
Kebutuhan makhluk hidup
Penggolongan hewan
Penggolongan tumbuhan
Perubahan pada makhluk hidup
|
• Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
• Membedakan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan
cirri-cirinya
• Menjelaskan
akan kebutuhan manusia,hewan, dan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya
• Menyebutkan
penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya
• Menyebutkan
penggolongan hewan berdasarkan makanan beserta contohnya
• Menyebutkan
penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya
• Menjelaskan cirri-ciri
hewan sesuai dengan golongannya
• Menyebutkan
penggolongan tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya
• Menyebutkan
penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daunnya
• Menyebutkan
penggolongan tumbuhan berdasarkan akar
• Menjelaskan
cirri-ciri tumbuhan sesuai dengan penggolongannya
• Mengidentifikasi
perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar
• Menafsirkan
berdasarkan pengukuran bahwa pertambahan tinggi dan berat badan menunjukkan
adanya pertumbuhan
|
• Mengamati makhluk hidup
seperti tumbuh-tumbuhan, hewan di sekitar sekolah dan teman sekelas
• Mengumpulkan benda-benda di
sekitar sekolah seperti batu, kayu, buku, meja.
• Membandingkan cirri-ciri makhluk hidup
dan makhluk tak hidup
• Menjelaskan bahwan makhluk
hidup mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya
• Mendiskusikan kebutuhan
maklhuk hidup
• Mengamati bermacam-macam
gambar hewan
• Mengelompokkan hewan-hewan yang memiliki kesamaan makanan,
cara berkembangbiaknya ataupun tempat tinggalnya
• Menyimpulkan bahwa hewan
dapat digolongkan berdasarkan tempat tinggalnya, makanannya, atau cara
berkembangbiaknya
• Melakukan tanya jawab tentang
cirri-ciri hewan berdasarkan penggolongannya
• Mengumpulkan bermacam-macam
tanaman
• Pengamatan terhadap
macam-macam tanaman misalnya mengamati bentuk daun, batang, akar, bunga, dan
lain-lain
• Mengelompokkan
tanaman-tanaman yang memiliki kesamaan, misal berdasarkan bentuk daun,
akar,batang
• Melakukan tanya jawab tentang
cirri-ciri tumbuhan berdasarkan penggolongannya
• Menyimpulkan bahwa tumbuhan
dapat digolongkan berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki
• Mengamati gambar pertumbuhan
manusia.
• Mendiskusikan bahwa
bertambahnya tinggi badan, bertambahnya berat badan merupakan selah satu
cirri pertumbuhan makhluk hidup
• Mendiskusikan beberapa
perubahan yang dapat diamati selama makhluk hidup mengalami pertumbuhan
• Mendiskusikan factor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan
• Tanya jawab tentang bahwa makanan sangat
penting bagi pertumbuhan
• Menjelaskan bahwa rekreasi, istirahat,
olahraga penting bagi pertumbuhan.
|
.... JP
.... JP
.... JP
.... JP
.... JP
|
Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar
Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekolah
Buku IPA SD kelas 3
Gambar
bermacam-macam hewan
Buku
IPA SD kelas 3
Bermacam-macam
tanaman
Buku
IPA SD kelas 3
Lingkungan
sekitar
Gambar pertumbuhan manusia
Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan
sekitar
Gambar
pertumbuhan manusia
|
Tertulis
Perbuatan
Tertulis
Tertulis
Unjuk kerja
Tertulis
Unjuk kerja
Tertulis
Lesan
|
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
|
Lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat
|
• Menyebutkan cirri-ciri lingkungan sehat
• Menyebutkan cirri-ciri lingkungan tidak
sehat
• Membedakan kondisi
•
lingkungan sehat dengan lingkungan
yang tidak sehat
• Menjelaskan
pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
• Mengidentifikasi
lingkungan yang baik bagi kesehatan
• Menjelaskan
ciri rumah yang sehat
|
• Siswa mengamati
lingkungan di sekitar sekolah yang menunjukkan lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat
• Mencatat hasil pengamatan tentang cirri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
• Menyimpulkan hasil pengamatan tentang
perbedaan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
• Menjelaskan bahwa lingkungan berpengaruh
terhadap kesehatan
• Mendiskusikan hal-hal yang
harus ada dalam rumah sehat.
|
... JP
|
Buku IPA SD kelas 3 Lingkungan sekitar sekolah
|
Tertulis
Perbuatan
|
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang
berpengaruh terhadap kesehatan
|
Lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan
|
|
• Mendiskusikan hal-hal yang yang harus
dilakukan agar lingkungan sehat (misalnya : menanami tumbuhan, membuang
sampah di tempatnya)
|
.... JP
|
Buku IPA SD kelas 3
|
Lisan
Perbuatan
|
2.3 Menjelaskan cara menjaga
kesehatan lingkungan sekitar
|
Cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
• Menjelaskan
cara yang dapat dilakukan agar lingkungan sehat
• Memberi contoh kegiatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
• Membuat laporan tentang
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
|
• Menanamkan pemahaman bahwa setiap orang memiliki
kewajiban untuk selalu memelihara kesehatan lingkungan
|
.... JP
|
Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar
|
Tertulis
Perbuatan
Unjuk
kerja
|
3.1 M engidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan meliputu
benda padat, cair dan gas
|
Sifat-sifat
benda padat, cair, dan gas
|
• Menyebutkan jenis-jenis benda
berdasarkan persamaan dan perbedaannya
• Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
• Membedakan sifat benda padat,
cair, dan gas
|
• Membuat daftar benda-benda yang termasuk
padat, cair atau gas
• Menyediakan benda-benda padat dan cair
misalnya air, minyak goreng, sirop, minyak tanah, kapur, pasir, batu
• Melakukan percobaan untuk menyelidiki
sifat benda padat, cair,dan gas
• Menarik kesimpulan dari hasil percobaan
tentang sifat-sifat benda padat, cair dan gas
|
.... JP
|
Buku
IPA SD kelas 3
Bend-benda
cair
Benda-benda padat
|
Tertulis
Perbuatan
|
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa ) yang
dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara
terbuka
|
Perubahan
sifat benda
|
• enjelaskan bentuk-bentuk
perubahan sifat benda
• enjelaskan hal-halyang dapat
menyebabkan terjadinya pwerubahan sifat benda
|
• enyediakan benda-benda yang
akan diamati perubahan sifat misalnya tanah liat, kertas, apel, plastik, es
batu, kayu
• iswa mengamati dan mencatat
sifat benda sebelum mengalami perubahan
• Melakukan percobaan untuk
menyelidiki hal yang menyebabkan terjadinya perubahan missal dibakar,
dijemur, lbiarkan terbuka, erta perubahan yang terjadi
• Mencatat hasil pengamatan dan
mengambil kesimpulan
|
.... JP
|
Buku IPA SD kelas 3
kelas 3
Alat-alat percobaan
|
Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja
|
3.3 Menjelaskan kegunaan benda
plastik, kayu, kaca, dan kertas
|
Sifat
benda dan kegunaannya
|
• Mengidentifikasi sifat-sifat
benda ( plastic, kayu, kaca, dan kertas)
• Menjelaskan kegunaan
benda-benda (plastic, kayu, kaca dan kertas) yang disesuaikan dengan sifatnya
|
• Membuat daftar benda- benda
yang banyak digunakan di rumah/sekolah yang terbuat dari plastic,
kaca,kayu,dan kertas
• Melakukan diskusi mengapa
benda-benda tersebut terbuat dari bahan-bahan tertentu misalnya gelas dari
kaca, meja dari kayu, ember dari plastic, buku dari kertas
• Mendiskusikan hubungan sifat-sifat bahan
dengan kegunaannya
|
.... JP
|
Buku IPA SD kelas 3
Alat-alat percobaan
|
Tertulis
Unjuk
kerja
|
SILABUS
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/2
Standar Kompetensi : Energi dan perubahannya.
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan
energi, dan sumber energi.
5. Menerapkan konsep energi gerak.
Bumi dan alam semesta.
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya
bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan
alam.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BAHAN
|
PENILAIAN
|
|
4.1 Menyimpul-kan hasil pengamatan bahwa gerak
benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
Gerak benda
|
• Menyebutkan berbagai macam gerak
gerak benda berdasarkan pengamatan
• Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi
gerak benda
• Menyebutkan kegunaan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari
|
• Melakukan percobaan untuk
menyelidiki gerak-gerak benda pada bola, batu, helikopter kertas, air, kaleng
susu,dsb
• Menuliskan gerakan setiap benda misalnya
gerak bola memggelinding dan memantul, gerak batu jatuh ke bawah
• Mendiskusikan hubungan gerak benda dengan
gunanya missal gerak bola menggelinding dengan roda pada kaki lemari
• Menulis laporan tentang benda-benda yang
memanfaatkan gerak benda
• Penjelasan tentang energi panas dan sumber
energi panas serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari melalui praktik
mengeringkan kain yang basah
|
…. JP
|
Buku IPA SD kelas 3
Lingkungan sekitar
|
Tertulis
Perbuatan
|
|
4.2 Mendeskripsikan hasil
pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari
|
Energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari
|
• Menyebutkan bentuk-bentuk energi
• Menunjukkan adanya pengaruh energi panas
dalam kehidupan sehari-hari
• Menunjukkan adanya pengaruh energi gerak
dalam kehidupan sehari-hari
• Menjelaskan bahwa getaran menimbulkan
bunyi dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari
|
• Penjelasan tentang pengaruh
energi gerak dalam kehidupan sehari-hari melalui pengamatan terhadap kipas
angin
• enyelidiki bahwa getaran menimbulkan
bunyi melalui praktik
• Mendiskusikan pengaruh bunyi
dalam kehidupan sehari-hari
|
... JP
|
Buku IPA SD
|
Tertulis
|
|
4.3 Mengidentifikasi sumber energi
dan kegunaannya
|
Sumber energi dan kegunaannya
|
• Menyebutkan sumber-sumber energi
• Memberikan contoh penggunaan berbagai
macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
• Menjelaskan tujuan penggunaan
sumber energi
|
• Membuat daftar sumber-sumber energi yang
terdapat di sekitar kita
• Bertanya jawab tentang penggunaan berbagai
macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari misalnya sinar matahari
berguna untuk mengeringkan pakaian, pembangkit listrik.
|
…. JP
|
Buku IPA SD
|
Tertulis
|
|
5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energi angin dapat diubah menjadi gerak
|
Penerapan konsep energi gerak
|
• Membuat kincir angin
• enyusun laporan tentang cara kerja
kincir angin
|
• Menyediakan alat dan bahan
untuk menbuat kincir angin
• Mempraktikkan membuat kincir
angin
• Menyelidiki bahwa kincir
bergerak karena adanya perubahan dari energi angin menjadi gerak
• Melaporkan hasil penyelidikan
tentang energi angin dapat berubah menjadi energi gerak
|
.... JP
|
Buku IPA SD
|
Unjuk kerja
|
|
5.2 Menerapkan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Penghematan energi
|
• Memberi contoh
penerapan cara menghemat energi di rumah atau di sekolah
|
• Melakukan tanya jawab tentang
sumber-sumber energi
• Mendiskusikan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehari-hari
• Penjelasan bahwa hemat energi
harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
... JP
|
Buku IPA SD
|
Tertulis
|
|
6.1 Mendeskripsikan kenampakan
permukaan bumi di lingkungan sekitar
|
Penampakan permukaan bumi
|
• Mengidentifikasi berbagai
bentuk permukaan bumi (daratan dan perairan )
• Menjelaskan melalui pengamatan model
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
• Menyimpulkan melalui pengamatan model
bahwa bentuk bumi tidak rata
|
• Mengamati globe atau peta
dunia
• Menjelaskan arti warna pada
globe atau peta misalnya warna biru menggambarkan laut, warna coklat
menggambarkan gunung dan pegunungan
• Tanya jawab mengenai permukaan bumi yang
tidak rata berdasarkan pengamatan terhadap globe atau peta
|
… JP
|
Buku IPA SD
|
Tertulis
Perbuatan
|
|
6.2 Menjelaskan hubungan antara
keadaan awan dan cuaca
|
Cuaca
|
• Menyebutkan keadaan cuaca
missal berawan, cerah, panas , dingin, hujan
• Meramalkan keadaan cuaca yang
akan terjadi berdasarkan keadaan langit
• Menggambarkan secara
sederhana simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
• Siswa mengamati keadaan
langit
• Menuliskan keadaan langit
saat itu
• Menceritakan untuk meramalkan
keadaan cuaca yang akan terjadi
• Memberi contoh simbol-simbol
yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
... JP
|
Buku IPA SD
|
Tertulis
Lisan
|
|
6.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca
bagi kegiatan manusia
|
Cuaca dan pengaruhnya bagi manusia
|
• Menyebutkan kegiatan manusia
yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
• Mendeskripsikan hubungan
antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan cuaca
|
• Mendiskusikan kegiatan manusia yang
mengandalkan pada hujan atau panas, misalnya menanam padi di musim hujan,
membuat batu bata di musim panas
• Melakukan tanya jawab tentang
pakaian yang dikenakan siswa ketika dingin, ketika panas, atau ketika olah raga
• Menyimpulkan bahwa cuaca
mempengaruhi kegiatan manusia serta pakaian yang dikenakannya
|
.... JP
|
Buku IPA SD
|
Tertulis
|
|
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam
memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
|
• Menjelaskan contoh sumber
daya alam dan kegunaannya
• Mengidentifikasi cara-cara
yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam
|
• Memperhatikan gambar tentang lingkungan
yang rusak akibat penambangan pasir
• Siswa menanggapi secara lisan
isi gambar
• Menjelaskan pengertian dari
sumber daya alam
|
….
JP
|
Buku IPA SD
|
tertulis
|
|
|
|
• Memberi contoh perilaku yang
menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan / pelestarian
• Menjelaskan tindakan yang
dapat merusak lingkunhgan
• Menjelaskan dampak perilaku
manusia terhadap lingkungan
|
• Tanya jawab tentang contoh-contoh sumber
daya alam dan kegunaannya
• Mendiskusikan tentang perilaku yang
merusak lingkungan dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan
|
.... JP
|
Buku IPA SD
|
Lisan
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
, .......................................
Guru Kelas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar