Selasa, 09 Agustus 2016

Silabus B.Ind Kelas 3 SD



SILABUS
Tema                   :     Peristiwa
Mata Pelajaran     :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :     III/1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan















Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

1.1   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan




1.2   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan






2.1   Menceritakan isi dongeng yang dibaca



Teks berisi petunjuk pembuatan sesuatu






Teks cerita










Teks bacaan berjudul “Tempat Umum”


·      Membacakan sebuah petunjuk minum obat
·      Mengartikan petunjuk  minum obat yang baru dibacakan
·      Membacakan beberapa petunjuk dan siswa melakukan apa yang ada dalam petunjuk

·      Mendengarkan cerita guru yang berjudul “ Semut yang Baik Hati “
·      Menyebutkan  tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut
·      Siswa menanggapi perbuata dan watak tokoh-tokoh dalam cerita “Semut yang Baik Hati “ secara tertulis

·      Membaca nyaring  bacaan berjudul “Tempat Umum”
·      Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bacaan secara lisan
·      Menceritakan kembali secara lisan dan singkat isi bacaan

·      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·      Melakukan sesuatu atau membuat sesuatu  sesuai dengan petunjuk yang didengar


·      Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·      Menuliskan perbuatan-perbuatan para tokohnya
·      Memberikan tanggapan terhadap watak para tokoh dalam sebuah cerita




·      Membacakan dongeng dengan lafal dan intonasi yang wajar serta ekspresi yang tepat
·      Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan
·      Menjelaskan isi bacaan secara singkat
… JP









… JP










… JP
Buku Bahasa Indonesia kelas 3







Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks cerita







Buku Bahasa Indonesia kelas 3

Perbuatan









Tertulis










Lisan
Unjuk kerja

SILABUS
Tema                   :     Lingkungan
Mata Pelajaran     :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :     III/1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Membaca
Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,dan membaca dongeng


















Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
3.1   Membaca nyaring teks ( 20-25 ) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat







3.2   Menjelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca intensif








4.2   Melengkapi puisi berdasarkan gambar


Teks bacaan (20-25) kalimat










Teks bacaan (100-150 kata)










Gambar
·      Memperhatikan contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat
·      Menirukan membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
·      Mencari kata-kata yang sukar
·      Menjelaskan kata-kata yang sukar
·      Menjawab pertanyaan isi bacaan
·      Membaca teks bacaan
·      Menjawab pertanyaan teks
·      Menyatakan pendapat atau perasaan tentang isi teks secara tertulis
·      Membuat kesimpulan
·      Menjelaskan aturan membuat puisi yang baik
·      Memberikan contoh membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·      Mengamati gambar
·      Tanya jawab tentang isi gambar
·      Membuat puisi
·      Membacakan puisi buatan sendiri di depan kelas
·      Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
·      Menjawab pertanyaan isi teks







·      Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks
·      Menyatakan pernadapat atau perasaan berkaitan dengan isi teks
·      Menyimpulakan isi teks






·      Membuat puisi berdasarkan gambar
·      Membacakan puisi hasil karya sendiri

… JP











… JP





… JP



Buku Bahasa Indonesia kelas 3









Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks cerita


Buku Bahasa Indonesia kelas 3


Tertulis Perbuatan










Tertulis





Lisan
Unjuk kerja


SILABUS
Tema                  :     Kesehatan
Mata  Pelajaran    :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :     III/1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / perasaan












Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat











4.1 Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan



Menanggapi suatu masalah secara lisan

















Menyusun paragraf berdasarkan gambar seri






·       Menjelaskan tentang kalimat yang berisi tanggapan terhadap suatu masalah dan kalimat yang berisi saran
·       Menentukan kalimat tanggapan atau kalimat berisi saran
·       Memberikan tanggapan terhadap suatu masalah menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang sasuai
·       Memberikan saran terhadap suatu macalah menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·       Menjawab pertanyaan isi bacaan

·       Menyusun gambar seri sesuai dengan urutan yang tepat
·       Membuat kalimat sebagai kerangka karangan berdasarkan gambar yang telah disusun
·       Menyusun paragraph berdasarkan gambar dan kerangka karangan
·      Menyampaikan suatu tanggapan terhadap suatu masalah dari sebuah cerita
·      Menyampaikan saran terhadap suatu masalah















·      Membuat karangan berdasarkan rangkaian gambar seri




… JP



















… JP
Buku Bahasa Indonesia kelas 3

















Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Gambar seri




Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Lisan
Tertulis


















Unjuk kerja



SILABUS
Tema                      :     Pengalaman
Mata  Pelajaran       :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       :     III/1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / perasaan













2.1   Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami



2.2   Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

Cerita pengalaman yang mengesankan







Teks tentang pembuatan sesuatu ( mainan anak)
·       Penjelasan tentang cara bercerita dengan menggunakan kalimat yang runtut berdasarkan menjawab pertanyaan apa, kapan, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana
·       Menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan secara bergantian

·       Membagikan lembar petunjuk pembuatan suatu misalnya membuat mainan
·       Mempraktikan membuat mainan sesuai dengan urutan dalam petunjuk
·       Menjelaskan urutan membuat mainan dan  cara menggunakannya
·      Menceritakan pengalaman yang mengesankan (tak terlupakan) secara runtut menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang mudah dipahami





·      Menjelaskan cara membuat nainan anak-anak
·      Mendemonstrasikan dan menjelaskan cara melakukan permainan
… JP










… JP
Buku Bahasa Indonesia kelas 3








Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Petunjuk membuat mainan






Lisan










Lisan
Unjuk kerja










SILABUS
Tema                   :     Pengalaman
Mata  Pelajaran    :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :     III/2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Mendengarkan
Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan



Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata) dan membaca puisi



Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
5.1   Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengar

7.2   Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat




8.2   Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
Cerita pengalaman teman





Membaca puisi








Menulis puisi
·         Mendengarkan cerita teman atau cerita guru
·         Menyampaikan tanggapan terhadap cerita teman atau cerita guru



·         Menjelaskan pembacaan puisi yang penuh penghayatan dan menggunakan lafal/intonasi yang sesuai
·         Memberi contoh cara membaca puisi
·         Membaca puisi

·         Penjelasan cara menulis puisi misalnya ;bahasa yang indah; memperhatikan bunyi akhir setiap kalimat
·         Memperhatikan dan memahami maksud gambar
·         Menuliskan puisi sesuai gambar
·      Menyampaikan kalimat tanggapan terhadap cerita teman yang didengar





·      Menbaca puisi dengan penghayatan sesuai isi dan memperhatikan penggunaan lafal dan intonasi yang sesuai dengan isi
·      Menjelaskan isi puisi


·      Membuat kalimat sesuai gambar
·      Membuat puisi sesuai gambar
… JP







… JP








… JP
Buku Bahasa Indonesia kelas 3





Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks puisi





Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Gambar
Lisan







Unjuk kerja







Unjuk kerja










SILABUS
Tema                                        : Komunikasi
Mata  Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : III/2


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan berbicara

Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata) dan membaca puisi



6.1Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

7.1 Menjawab dan  atau mengajukan mengajukan pertanyaantentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Percakapan melalui telepon






Menjawab dan menyusun pertanyaan
·      Membaca teks dialog yang berisi percakapan melalui telepon
·      Memperagakan percakapan melalui telepon



·      Membaca secara intensif teks bacaan
·      Menjawab pertanyaan bacaan
·      Membuat kalimat pertanyaan dengan jawaban yang tersedia



·      Melakukan percakapan melalui telepon menggunakan kalimat yang ringkas, jelas dan mudah dimengerti



·      Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks
·      Menyusun pertanyaan dengan kalimat jawaban yang telah ada

… JP







… JP
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Teks dialog percakapan melalui telepon


Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks bacaan






Unjuk kerja







Tertulis





SILABUS
Tema                   :     Peristiwa
Mata Pelajaran     :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :     III/2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Penilaian
Mendengarkan
Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan



Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita


Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya


6.2 Menceritakan peristiwa yang dialami, dilihat atau didengar





8.1 Menulis karangan sedehana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf capital dan tanda titik
Teks dialog







Menceritakan peristiwa yang dialami






Menulis karangan berdasarkan gambar seri
·      Mendengarkan teks drama yang dibacakan guru
·      Tanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam drama serta watak setiap tokoh
·      Melakukan dialog sesuai dengan tokoh dalam teks drama 
·      Mendata peristiwa yang pernah dialami / dilihat / didengar oleh setiap siswa (missal; bencana alam, kecelakaan, pertengkaran )
·      Setiap siswa menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya
·      Penjelasan tentang pilihan kata yang tepat dalam sebuah karangan, ejaan, huruf capital, dan tanda titik
·      Mengurutkan gambar seri
·      Menuliskan kalimat pokok sesuai dengan gambar yang telah diurutkan
·      Mengembangkan kalimat pokok menjadi sebuah karangan berdasarkan urutan gambar dengan memperhatikan pilihan kata, ejaan, huruf besar, dan tanda baca
·      Menyebutkan nama-nama tokoh dalam drama
·      Menjelaskan isi teks drama
·      Memerankan tokoh dalam drama


·      Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar dengan bahasa yang  baik





·      Menggunakan pilihan kata yang tepat dalam karangan
·      Menggunakan ejaan dengan tepat dalam karangan
·      Menggunakan huruf capital secara tepat dalam sebuah karangan
·      Menggunakan tanda baca secara tepat dalam karangan

… JP







… JP








… JP
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Teks drama




Buku Bahasa Indonesia Kelas 3






Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Gambar seri
Unjuk kerja







Unjuk kerja








Unjuk kerja
Mengetahui,

Kepala Sekolah





.......................................

Guru Kelas

















2 komentar:

  1. terima kasih sangat bermanfaat mengingat sd saya belum menggunakan kurtilas

    BalasHapus
  2. kak ini untuk silabus ktsp kan kak. makasih ya kak sangat membantu

    BalasHapus