SILABUS
Mata Pelajaran : Matematika
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi : 1.Melakukan operasi hitung bilangan sampai
3 angka
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN
|
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 3 angka
1.3 Melakukan perkalian yang
hasilnya bilangan 3 angka dan pembagian 3 angka
1.4 Melakukan operasi hitung
campuran
1.5 Memecahkan masalah perhitungan
termasuk yang berkaitan dengan uang.
|
Bilangan
Penjumlahan dan penguranga bilangan
Perkalian bilangan 3 angka
Pembagian bilangan 3 angka
Operasi hitung campuran
Soal cerita tentang uang
|
•
Siswa menggambar garis bilangan pada garis bilangan
• Menggunakan benda-benda yang ada di
lingkungan sekolah untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan
yanghasilnya sampai 3 angka
• Menggunakan benda-benda yang ada di
lingkungan siswa untuk melakukan operasi hitung perkalian yang hasilnya 3
angka
• Menghafal
fakta dasar perkalian menggunakan alat Bantu kartu bilangan
• Melakukan
perkalian dua angka tanpa alat Bantu benda kongkret
• Melakukan
perkalian dengan cara bersusun pendek
• Menggunakan
benda-benda di lingkungan siswa untuk melakukan operasi pembagian bilangan 3
angka
• Menghafalfakta
dasar pembagian
• Melakukan
pembagian bilangan 3 angka dengan carabersusun pendek
• Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan operasi hitung pembagian
• Menggunakan
modelpembelajaran TGT untuk menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dan
pembagian
• Mendengarkan penjelasan tentang urutan operasi hitung
(+
, -), (-, +), +, x), (x, +), (+, :)
(:, +), (x, :), (:,
x), (+, -, x)
(+ - :), (+, -, x,
:)
·
Mengerjakan soal-soal tentang
operasi hitung campuran.
·
Menggunakan tiruan dan barang bekas
uang untuk bermain jual beli yang melibatkan hitung campuran
·
Menggunakan tiruan uang untuk
bermain menabung di bank dengan model bermain peran
|
1.
Menggambar garis bilangan
2.
Meletakkan lambing bilangan pada
garis bilangan
1.
Melakukan operasi hitung penjumlahan
2. Melakukan operasihitung pengurangan
1. Melakukan operasi hitung perkalian hasil 3angka
2. Memahami fakta dasar perkalian
3. Melakukan perkalian dengan cara bersusunpendek
4. Menyelesaikan soal cerita tentang perkalian hasil 3
angka
1. Melakukan operasi hitung pembagian
2. Memahami fakta dasar pembagian
3. Menggunakan operasihitung pembagian untuk menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari
1. Menggunakan operasi hitung campuran.
2. Menyelesaikan soal cerita menggunakan operasi hitung
campuran.
1.
Menggunakan operasihitung campuran
dalam masalah jual beli
2.
Menggunakan operasi hitung campuran dalam masalah perbankan
|
… JP
… JP
… JP
… JP
… Jp
… JP
|
Buku Matematika
SD kelas 3
Buku Matematika
SD kelas 3
Buku Matematika
SD kelas 3
Buku Matematika
SD kelas 3
Buku Matematika
SD kelas 3
Buku Matematika
SD kelas 3
|
Unjuk kerja
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Lisan
|
Standar Kompetensi :
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(metera, timbangan, jam)
2.2 Menggunakan alatukur dalam pemecahan masalah
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar
satuan panjang dan antar satuan berat
|
Alat ukur
Penggunaan alat ukur
Alat ukur waktu
Guna alat ukur
Hubungan satuan waktu
Hubungan satuan panjang
Hubungan satuan berat
|
·
Mengamati macam-macam alat ukur
·
Menjelaskan fungsi tiap alat ukur
·
Menuliskan nama dan fungsi alat ukur
·
Melakukan pengamatan vara menggunakan alat ukur badan
·
Mengukur tinggi danberat badan dengan menggunakan alat ukur baku
·
Mencatat hasil pengukuran
·
Menyimpulkan hasil
·
Membuat daftar kegiatan
·
Melengkapi daftar kegiatan dengan waktu yang dibutuhkan
·
Membandingkan lamanya waktu dalam setiapkegiatan
·
Membandingkan lamanya kegiatan diri sendiri dengan kegiatan teman
·
Menghitung selisih waktu yang dibutuhkan dalam tiap-tiap kegiatan
·
Mengamati objek yang akan diukur
·
Memilih alat ukur yang sesuai dengan objek yang akan diukur
·
Menaksir ukuran suatu benda atau lamanya suatu kegiatan
·
Melakukan pengukuran terhadap benda atau menghitunglamanya kegitan dengan
alat ukur
·
Mencatat hasil pengukuran
·
Mencocokkan taksiran dengan hasil pengukuran
·
Penjelasan tentang satuan waktu
·
Melakukan pengukuran waktu, misal 1jam terdiri dari 60 menit dan 1menit
terdiri dari 60 detik
·
Melakukan Tanya jawab tentang hubungan satuan waktu (menit, jam, hari, minggu,
bulan, tahun)
·
Mengerjakan soal cerita yang
berhubungan dengan satuan waktu
·
Penjelasan tentang satuan panjang
·
Mempraktikkan mengukurpanjang suatu
benda di kelas dengan satuan cm, dm, m
·
Tanya jawab tentang hubungan satuan
waktu
·
Mengerjakan soal/soalcerita
yangberhubungan dengan satuan panjang
·
Menunjukkan satuan berat
·
Mendengarkan penjelasan tentang hubungan satuan berat
·
Membandingkan berat 2 buah benda (1
kg dengan 1 ons )
·
Menyimpulkan hasil perbandingan
berat
|
1. Mengiudentifikasi alat ukur sesuai dengan fungsinya
2. Menunjukkan alat ukur dengan tepat sesuai dengan
fungsinya
1. Menggunakan alat ukur dengan tepat
2. Menentukan hasil ukuran dengan tepat
1. Menghitung lamanya suatu kegiatan dalam satuan ukuran
menit
2. Menghitung lamanya kegiatan sehari-hari dalam satuan
ukuran jam
1. Memilih alat ukur baku yang sesuai dengan benda
yangakan diukur
2.
Membandingkan hasil taksiran dengan
hasil pengukuran
1. Menentukan hubunga satuan
waktu;jam,hari,minggu,bulandantahun
2. Menyelesaikan soal-soal cerita tentang hubungan satuan
waktu
1. Menentukan hubungan satuan panjang; km, m, dm, cm
2. Menyelesaikan soal cerita tentang hubungan satuan
panjang
1. Menentukan hubungan satuan berat : kg, ons,
gram
|
... JP
... JP
... JP
... JP
... JP
... JP
|
Buku Belajar Matematika kelas 3
Buku Matematika Mari Berhitung
Berbagai alat ukur
Buku Belajar Matematika 3
Alat-alat ukur
Buku Belajar Matematika 3
Buku Belajar Matematika 3
Meteran
Timbangan
Buku Belajar Matematika 3
|
UNjuk kerja
Tertulis
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
SILABUS
Mata Pelajaran : Matematika
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : III/2
Standar Kompetensi : Memahami
pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BAHAN
|
PENILAIAN
|
3.1 Mengenal pecahan sederhana
3.2 Membandingkan pecahan sederhana
3.3 Memecahakan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana
4.1 Mengidentifikasi berbagai
bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
|
Konsep pecahan
Lambang bilangan pecahan
Konsep pecahan
Konsep
pecahan
Bangun
Datar
|
·
Mengenal pecahan sederhana (missal ; setengah, seperempat, sepertiga dan
seperenam) menggunakan garis bilangan
·
Menuliskan bilangan-bilangan pecahan sederhana dalam garis bilangan
·
Membaca dan menulis lambang bilangan
pecahan missal ; setengah lambangnya
·
Melakukan permainan menentukan pasangan yang tepat antara nama bilangan
dengan lambang bilangan
·
Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar dan
sebaliknya(missal;gambar lingkaran yang dibagi sama besarnya dengan setengah
·
Mengurutkan pecahan dalam lambang bilangan dan menuliskan dengan kata-kata
·
Memperhatikan garis bilangan dengan
pecahan sederhana yang berpenyebut sama
·
Membandingkan nilai pecahan dari
yang terkecil sampai yang terbesar dalam garis bilangan
·
Menyampaikan beberapa masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan missal ; satu buah kue
serabi akan dibagikan kepada 2 anak maka masing-masing akan mendapatkan 1
bagian
·
Menuliskan beberapa soal yang
berkaitan dengan pecahan sesuai dengan
masalah/peristiwa yang dialami siswa
·
Siswa mengerjakan soal-soal
·
Menyelidiki berbagai bangun datar
menurut sifat atau unsurnya (seperti sisi, sudut, diagonal)
·
Menuliskan sifat-sifat bangun datar
·
Menggambarkan bangun datar sederhana
dengan menggunakan penggaris agar mengetahui unsur dan sifat-sifatnya (
missal ; persgi panjang, persegi, segitiga )
|
1.
Menentukan besarnya pecahan
sederhana (setengah, seperempat, sepertiga, seperenam) dalam garis bilangan
1.
Membaca lambang bilangan
2.
Menuliskan lambang bilangan
3.
Menentukan nilai pecahan dalam
berbagai bentuk gambar, dan sebaliknya
4.
Membilang dan menuliskan pecahan
dengan urut
1.
Membandingkan dua pecahan dengan
menuliskannya pada garisbilangan
2.
Menetukan lebih besar atau lebih
kecil nilai dari sebuah pecahan
1. Memecahakan masalah yang melibatkan nilai pecahan
2.
Menyelesaikan soal-soal yang
berkaitan dengan pecahan
1. Menemukan sifat-sifat bangun datar;
segitiga,persegi,persegi panjang
2. Menggambar
bangun sesuai dengan sifat-sifat bangun
|
… JP
… JP
… JP
… JP
|
Buku Belajar Matematika 3
Buku Matematika Mari Berhitung
Garis
bilangan
Buku
Belajar Matematika 3
Kartu lambang bilangan pecahan sederhana
Buku Belajar Matematika 3
Garis
bilangan
Buku
Belajar Matematika 3
Buku
Belajar Matematika 3
|
Unjuk Kerja
Tertulis
Unjuk kerja
Tertulis
Tertulis
Unjuk
kerja
Unjuk kerja
Tertulis
|
4.2 Mengidentifikasi berbagai
jenis dan besar sudut
|
Jenis
sudut dan besar sudut pada bangun
datar
|
·
Menyelidiki dan menentukan berbagai besar sudut dari bangun datar
sederhana ( missal ; persegi panjang)
·
Melakukan penyelidikan untuk menemukan bahwa sudut merupakan daerah yang
dibatasi oleh dua sinar (garis yang berpotongan) dengan menggambar bangun
datar
·
Melakukan penyelidikan tentang berbagai besar sudut dengan menggambar
berbagai contoh bangun datar seperti ; ….dan jenis-jenisnya / macamnya
·
Melakukan pengukuran besar sudut
dengan sudut sebagai jarak putar
|
1. Menunjukkan sudut dari benda/bangun
2. Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi dua
sinar ( garis yangberpotongan )
3. Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
4. Membuat jenis-jenis sudut ; lancip, siku-siku, tumpul
5.
Mengenal sudut sebagai jarak putar
|
|
|
Unjuk kerja
|
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
|
Keliling
persegi dan persegi panjang
|
·
Siswa diajak mengelilingi lapangan
·
Penjelasan tentang menghitung keliling lapangan
·
Menentukan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang yang telah
diketahui ukuran panjang sisi.panjang dan lebar
·
Menggambar bangun datar secar tepat
|
1. Menghitung keliling persegi panjang
2. Menggambar persegi dan persegi panjang dengan keliling
tertentu
|
… JP
|
Buku Belajar
Matematika 3
Buku
MatematikaMari Berhitung
Lapangan
sekolah
Benda-benda
yang berbentuk persegi dan persegi panjang
|
Tertulis
Unjuk kerja
|
5.2 Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
Luas persegi
dan persegi panjkang
|
·
Memperhatikan cara menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan
cara membuat kotak-kotak persegi kecil
·
Menghitung jumlah persegi kecil
dalam bangun datar sebagai satuan luas
·
Mengurutkan luas bangun datar dari
yang terkecil sampai yang terbesar
|
1.
Menghitung luas persegi (dengan
satuan petek kecil)
2.
Menghitung luas persegi panjang
(dengan satuan petak kecil)
3.
Membandingkan luas bangun datar pada persegi dan persegi panjang
|
… JP
|
Buku Belajar
Matematika 3
Buku Matematika
Mari Berhitung
Benda yang
berbentuk persegi dan persegi panjang
|
Tertulis
|
5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
|
Soal cerita tentang luas dan keliling
persegi dan persgi panjang
|
·
Menghitung kjeliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang
dengan petak satuan (missal ; menghitung lantai kelas, eternit kelas, papan
catur)
·
Penyelidikan penghitungan keliling dan luas bangun datar (persegi dan
persegi panjang) dengan membuat petak-petak padagambar bangun datar
·
Siswa menghitung petak-petak pada
bangun datar
·
Penentuan cara menghitung keliling
dan luas persegi dan persegi panjang dari panjang dan lebar sisi yangtelah
ditentukan
|
1.
Menghitung keliling dan luas daerah
pada bangun datar persegi dan persegi panjang dengan menghitung petak satuan
2. Menemukan cara menghitung keliling dan
luias pada bangun datar persegi dan persegi panjang sertamenggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
… JP
|
Buku Belajar Matematika 3
Buku Mari Berhitung
Bangun persegi dan persegi panjang
|
Tertulis
Unjuk kerja
Tertulis
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
, ...........................................
Guru Kelas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar