Selasa, 09 Agustus 2016

Silabus MTK Kelas 3 SD semester 1



SILABUS
Mata Pelajaran           :     Matematika
Tema                         :     Lingkungan
Kelas/Semester          :     III/1
Standar Kompetensi   :     1.Melakukan operasi hitung bilangan sampai 3 angka

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
PENILAIAN
1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan

1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 3 angka


1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan 3 angka dan pembagian 3 angka






















1.4 Melakukan operasi hitung campuran




1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
Bilangan



Penjumlahan dan penguranga bilangan


Perkalian bilangan 3 angka








Pembagian bilangan 3 angka












Operasi hitung campuran




Soal cerita tentang uang

   Siswa menggambar garis bilangan         pada garis bilangan


    Menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekolah untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yanghasilnya sampai 3 angka

    Menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan siswa untuk melakukan operasi hitung perkalian yang hasilnya 3 angka
    Menghafal fakta dasar perkalian menggunakan alat Bantu kartu bilangan
    Melakukan perkalian dua angka tanpa alat Bantu benda kongkret
    Melakukan perkalian dengan cara bersusun pendek
    Menggunakan benda-benda di lingkungan siswa untuk melakukan operasi pembagian bilangan 3 angka
    Menghafalfakta dasar pembagian

    Melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan carabersusun pendek

    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan operasi hitung pembagian
    Menggunakan modelpembelajaran TGT untuk menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dan pembagian 

    Mendengarkan penjelasan tentang urutan operasi hitung
(+ , -), (-, +), +, x), (x, +), (+, :)
(:, +), (x, :), (:, x), (+, -, x)
(+ - :), (+,  -, x,  :)

·         Mengerjakan soal-soal tentang operasi hitung campuran.

·         Menggunakan tiruan dan barang bekas uang untuk bermain jual beli yang melibatkan hitung campuran

·         Menggunakan tiruan uang untuk bermain menabung di bank dengan model bermain peran
1.     Menggambar garis bilangan
2.     Meletakkan lambing bilangan pada garis bilangan

1.     Melakukan operasi hitung    penjumlahan
2.     Melakukan operasihitung pengurangan


1.     Melakukan operasi hitung perkalian hasil 3angka
2.     Memahami fakta dasar perkalian
3.     Melakukan perkalian dengan cara bersusunpendek
4.     Menyelesaikan soal cerita tentang perkalian hasil 3 angka



1.     Melakukan operasi hitung pembagian
2.     Memahami fakta dasar pembagian
3.     Menggunakan operasihitung pembagian untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari







1.     Menggunakan operasi hitung campuran.
2.     Menyelesaikan soal cerita menggunakan operasi hitung campuran.

1.     Menggunakan operasihitung campuran dalam masalah jual beli
2.     Menggunakan operasi hitung campuran dalam masalah perbankan
… JP



… JP





… JP










… JP














… Jp





… JP
Buku Matematika SD kelas 3

Buku Matematika SD kelas 3




Buku Matematika SD kelas 3









Buku Matematika SD kelas 3













Buku Matematika SD kelas 3




Buku Matematika SD kelas 3
Unjuk kerja
Tertulis


Tertulis





Tertulis










Tertulis














Tertulis





Tertulis
Lisan


Standar Kompetensi :
2.1   Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (metera, timbangan, jam)

2.2   Menggunakan alatukur dalam pemecahan masalah




2.3   Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat
Alat ukur




Penggunaan alat ukur





Alat ukur waktu








Guna alat ukur












Hubungan satuan waktu










Hubungan satuan panjang







Hubungan satuan berat
·         Mengamati macam-macam alat ukur
·         Menjelaskan fungsi tiap alat ukur
·         Menuliskan nama dan fungsi alat ukur


·         Melakukan pengamatan vara menggunakan alat ukur badan
·         Mengukur tinggi danberat badan dengan menggunakan alat ukur baku
·         Mencatat hasil pengukuran
·         Menyimpulkan hasil
·         Membuat daftar kegiatan
·         Melengkapi daftar kegiatan dengan waktu yang dibutuhkan
·         Membandingkan lamanya waktu dalam setiapkegiatan
·         Membandingkan lamanya kegiatan diri sendiri dengan kegiatan teman
·         Menghitung selisih waktu yang dibutuhkan dalam tiap-tiap kegiatan

·         Mengamati objek yang akan diukur
·         Memilih alat ukur yang sesuai dengan objek yang akan diukur
·         Menaksir ukuran suatu benda atau lamanya suatu kegiatan
·         Melakukan pengukuran terhadap benda atau menghitunglamanya kegitan dengan alat ukur
·         Mencatat hasil pengukuran
·         Mencocokkan taksiran dengan hasil pengukuran

·         Penjelasan tentang satuan waktu
·         Melakukan pengukuran waktu, misal 1jam terdiri dari 60 menit dan 1menit terdiri dari 60 detik
·         Melakukan Tanya jawab tentang hubungan satuan waktu (menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun)
·         Mengerjakan soal cerita yang berhubungan dengan satuan waktu



·         Penjelasan tentang satuan panjang
·         Mempraktikkan mengukurpanjang suatu benda di kelas dengan satuan cm, dm, m
·         Tanya jawab tentang hubungan satuan waktu
·         Mengerjakan soal/soalcerita yangberhubungan dengan satuan panjang

·         Menunjukkan satuan berat
·         Mendengarkan penjelasan tentang hubungan satuan berat
·         Membandingkan berat 2 buah benda (1 kg dengan 1 ons )
·         Menyimpulkan hasil perbandingan berat
1.     Mengiudentifikasi alat ukur sesuai dengan fungsinya
2.     Menunjukkan alat ukur dengan tepat sesuai dengan fungsinya

1.     Menggunakan alat ukur dengan tepat
2.     Menentukan hasil ukuran dengan tepat



1.     Menghitung lamanya suatu kegiatan dalam satuan ukuran menit
2.     Menghitung lamanya kegiatan sehari-hari dalam satuan ukuran jam 




1.     Memilih alat ukur baku yang sesuai dengan benda yangakan diukur
2.     Membandingkan hasil taksiran dengan hasil pengukuran








1.     Menentukan hubunga satuan waktu;jam,hari,minggu,bulandantahun
2.     Menyelesaikan soal-soal cerita tentang hubungan satuan waktu






1.     Menentukan hubungan satuan panjang; km, m, dm, cm
2.     Menyelesaikan soal cerita tentang hubungan satuan panjang






1.     Menentukan hubungan satuan berat : kg, ons, gram
... JP











... JP









... JP












 ... JP











... JP










... JP







Buku Belajar Matematika kelas 3


Buku Matematika Mari Berhitung
Berbagai alat ukur













Buku Belajar Matematika 3
Alat-alat ukur










Buku Belajar Matematika 3










Buku Belajar Matematika 3
Meteran








Timbangan
Buku Belajar Matematika 3
UNjuk kerja
Tertulis



Unjuk kerja






Unjuk kerja









Unjuk kerja












Tertulis











Tertulis










Tertulis
















SILABUS

Mata Pelajaran           :     Matematika
Tema                         :     Peristiwa
Kelas/Semester          :     III/2
Standar Kompetensi   :     Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

                                                                                   
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
PENILAIAN
3.1   Mengenal pecahan sederhana





















3.2   Membandingkan pecahan sederhana





3.3   Memecahakan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana








4.1   Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya



Konsep pecahan





Lambang bilangan pecahan













Konsep pecahan




Konsep pecahan










Bangun Datar
·         Mengenal pecahan sederhana (missal ; setengah, seperempat, sepertiga dan seperenam) menggunakan garis bilangan
·         Menuliskan bilangan-bilangan pecahan sederhana dalam garis bilangan

·         Membaca dan menulis lambang bilangan pecahan missal ; setengah lambangnya
·         Melakukan permainan menentukan pasangan yang tepat antara nama bilangan dengan lambang bilangan
·         Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar dan sebaliknya(missal;gambar lingkaran yang dibagi sama besarnya dengan setengah
·         Mengurutkan pecahan dalam lambang bilangan  dan menuliskan dengan kata-kata

·         Memperhatikan garis bilangan dengan pecahan sederhana yang berpenyebut sama
·         Membandingkan nilai pecahan dari yang terkecil sampai yang terbesar dalam garis bilangan

·         Menyampaikan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan missal ; satu buah kue serabi akan dibagikan kepada 2 anak maka masing-masing akan mendapatkan 1 bagian
·         Menuliskan beberapa soal yang berkaitan dengan pecahan sesuai dengan  masalah/peristiwa yang dialami siswa
·         Siswa mengerjakan soal-soal

·         Menyelidiki berbagai bangun datar menurut sifat atau unsurnya (seperti sisi, sudut, diagonal)
·         Menuliskan sifat-sifat bangun datar
·         Menggambarkan bangun datar sederhana dengan menggunakan penggaris agar mengetahui unsur dan sifat-sifatnya ( missal ; persgi panjang, persegi, segitiga )
1.     Menentukan besarnya pecahan sederhana (setengah, seperempat, sepertiga, seperenam) dalam garis bilangan


1.     Membaca lambang bilangan
2.     Menuliskan lambang bilangan
3.     Menentukan nilai pecahan dalam berbagai bentuk gambar, dan sebaliknya
4.     Membilang dan menuliskan pecahan dengan urut








1.     Membandingkan dua pecahan dengan menuliskannya pada garisbilangan
2.     Menetukan lebih besar atau lebih kecil nilai dari sebuah pecahan

1.     Memecahakan masalah yang melibatkan nilai pecahan
2.     Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pecahan








1.     Menemukan sifat-sifat bangun datar; segitiga,persegi,persegi panjang
2.     Menggambar bangun sesuai dengan sifat-sifat bangun
… JP






… JP














… JP






… JP
Buku Belajar Matematika 3
Buku Matematika Mari Berhitung
Garis bilangan


Buku Belajar Matematika 3
Kartu lambang bilangan pecahan sederhana










Buku Belajar Matematika 3
Garis bilangan






Buku Belajar Matematika 3










Buku Belajar Matematika 3
Unjuk Kerja
Tertulis





Unjuk kerja














Tertulis








Tertulis
Unjuk kerja










Unjuk kerja
Tertulis


4.2   Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut
Jenis sudut dan besar sudut pada  bangun datar
·         Menyelidiki dan menentukan berbagai besar sudut dari bangun datar sederhana ( missal ; persegi panjang)
·         Melakukan penyelidikan untuk menemukan bahwa sudut merupakan daerah yang dibatasi oleh dua sinar (garis yang berpotongan) dengan menggambar bangun datar


·         Melakukan penyelidikan tentang berbagai besar sudut dengan menggambar berbagai contoh bangun datar seperti ; ….dan jenis-jenisnya / macamnya
·         Melakukan pengukuran besar sudut dengan sudut sebagai jarak putar
1.     Menunjukkan sudut dari benda/bangun
2.     Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi dua sinar ( garis yangberpotongan )
3.     Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
4.     Membuat jenis-jenis sudut ; lancip, siku-siku, tumpul

5.     Mengenal sudut sebagai jarak putar


Unjuk kerja
5.1   Menghitung keliling persegi dan persegi panjang


Keliling persegi dan persegi panjang


·         Siswa diajak mengelilingi lapangan
·         Penjelasan tentang menghitung keliling lapangan
·         Menentukan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang yang telah diketahui ukuran panjang sisi.panjang dan lebar
·         Menggambar bangun datar secar tepat
1.     Menghitung keliling persegi panjang
2.     Menggambar persegi dan persegi panjang dengan keliling tertentu
… JP

Buku Belajar Matematika 3
Buku MatematikaMari Berhitung
Lapangan sekolah
Benda-benda yang berbentuk persegi dan persegi panjang
Tertulis
Unjuk kerja



5.2   Menghitung luas persegi dan persegi panjang

Luas persegi dan persegi panjkang


·         Memperhatikan cara menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan cara membuat kotak-kotak persegi kecil
·         Menghitung jumlah persegi kecil dalam bangun datar sebagai satuan luas
·         Mengurutkan luas bangun datar dari yang terkecil sampai yang terbesar
1.     Menghitung luas persegi (dengan satuan petek kecil)
2.     Menghitung luas persegi panjang (dengan satuan petak kecil)
3.     Membandingkan luas bangun datar pada persegi dan persegi panjang
… JP

Buku Belajar Matematika 3
Buku Matematika Mari Berhitung
Benda yang berbentuk persegi dan persegi panjang

Tertulis

5.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
Soal cerita tentang luas dan keliling persegi dan persgi panjang
·         Menghitung kjeliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang dengan petak satuan (missal ; menghitung lantai kelas, eternit kelas, papan catur)
·         Penyelidikan penghitungan keliling dan luas bangun datar (persegi dan persegi panjang) dengan membuat petak-petak padagambar bangun datar
·         Siswa menghitung petak-petak pada bangun datar
·         Penentuan cara menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang dari panjang dan lebar sisi yangtelah ditentukan  

1.     Menghitung keliling dan luas daerah pada bangun datar persegi dan persegi panjang dengan menghitung petak satuan
2.   Menemukan cara menghitung keliling dan luias pada bangun datar persegi dan persegi panjang sertamenggunakannya dalam pemecahan masalah
… JP







Buku Belajar Matematika 3
Buku Mari Berhitung
Bangun persegi dan persegi panjang
Tertulis






Unjuk kerja
Tertulis


Mengetahui,

Kepala Sekolah





, ...........................................

Guru Kelas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar