SILABUS
Tema :
Peristiwa
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
Mendengarkan
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Membaca
Memahami
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
|
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
2.1 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
|
Teks berisi petunjuk pembuatan sesuatu
Teks cerita
Teks
bacaan berjudul “Tempat Umum”
|
· Membacakan sebuah petunjuk minum obat
· Mengartikan petunjuk
minum obat yang baru dibacakan
· Membacakan beberapa petunjuk dan siswa melakukan apa
yang ada dalam petunjuk
· Mendengarkan cerita guru yang berjudul “ Semut yang
Baik Hati “
· Menyebutkan
tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut
· Siswa menanggapi perbuata dan watak tokoh-tokoh dalam
cerita “Semut yang Baik Hati “ secara tertulis
· Membaca
nyaring bacaan berjudul “Tempat Umum”
· Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bacaan
secara lisan
· Menceritakan
kembali secara lisan dan singkat isi bacaan
|
· Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
· Melakukan
sesuatu atau membuat sesuatu sesuai
dengan petunjuk yang didengar
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
· Menuliskan perbuatan-perbuatan para tokohnya
· Memberikan tanggapan terhadap watak para tokoh dalam
sebuah cerita
· Membacakan dongeng dengan lafal dan intonasi yang wajar
serta ekspresi yang tepat
· Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan
· Menjelaskan isi bacaan secara singkat
|
… JP
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks
cerita
Buku
Bahasa Indonesia kelas 3
|
Perbuatan
Tertulis
Lisan
Unjuk
kerja
|
SILABUS
Tema : Lingkungan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
Membaca
Membaca
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,dan membaca dongeng
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
bentuk paragraf dan puisi
|
3.1 Membaca nyaring teks ( 20-25 ) kalimat
dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks ( 100-150
kata ) melalui membaca intensif
4.2 Melengkapi puisi berdasarkan gambar
|
Teks bacaan (20-25) kalimat
Teks bacaan (100-150 kata)
Gambar
|
· Memperhatikan
contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menirukan
membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Mencari kata-kata yang sukar
· Menjelaskan kata-kata yang sukar
· Menjawab
pertanyaan isi bacaan
· Membaca
teks bacaan
· Menjawab pertanyaan teks
· Menyatakan pendapat atau perasaan tentang isi teks
secara tertulis
· Membuat kesimpulan
· Menjelaskan aturan membuat puisi yang baik
· Memberikan contoh membaca puisi dengan lafal, intonasi
dan ekspresi yang tepat
· Mengamati gambar
· Tanya jawab tentang isi gambar
· Membuat
puisi
· Membacakan
puisi buatan sendiri di depan kelas
|
· Membaca
teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjawab pertanyaan isi teks
· Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks
· Menyatakan pernadapat atau perasaan berkaitan dengan
isi teks
· Menyimpulakan isi teks
· Membuat puisi berdasarkan gambar
· Membacakan
puisi hasil karya sendiri
|
… JP
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks
cerita
Buku
Bahasa Indonesia kelas 3
|
Tertulis Perbuatan
Tertulis
Lisan
Unjuk kerja
|
SILABUS
Tema : Kesehatan
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan / perasaan
Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk paragraph dan puisi
|
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
4.1 Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
|
Menanggapi suatu masalah secara lisan
Menyusun paragraf berdasarkan gambar seri
|
· Menjelaskan tentang kalimat yang berisi tanggapan
terhadap suatu masalah dan kalimat yang berisi saran
· Menentukan kalimat tanggapan atau kalimat berisi saran
· Memberikan tanggapan terhadap suatu masalah menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang sasuai
· Memberikan saran terhadap suatu macalah menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
· Menjawab pertanyaan isi bacaan
· Menyusun gambar seri sesuai dengan urutan yang tepat
· Membuat kalimat sebagai kerangka karangan berdasarkan
gambar yang telah disusun
· Menyusun paragraph berdasarkan gambar dan kerangka
karangan
|
· Menyampaikan suatu tanggapan terhadap suatu masalah
dari sebuah cerita
· Menyampaikan saran terhadap suatu masalah
· Membuat karangan berdasarkan rangkaian gambar seri
|
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Gambar seri
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
|
Lisan
Tertulis
Unjuk
kerja
|
SILABUS
Tema : Pengalaman
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, pengalaman dan
petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / perasaan
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan urutan membuat
atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
Cerita pengalaman yang mengesankan
Teks tentang pembuatan sesuatu ( mainan anak)
|
· Penjelasan tentang cara bercerita dengan menggunakan
kalimat yang runtut berdasarkan menjawab pertanyaan apa, kapan, di mana,
siapa, mengapa, dan bagaimana
· Menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan secara
bergantian
· Membagikan lembar petunjuk pembuatan suatu misalnya
membuat mainan
· Mempraktikan membuat mainan sesuai dengan urutan dalam
petunjuk
· Menjelaskan urutan membuat mainan dan cara menggunakannya
|
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan (tak
terlupakan) secara runtut menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat
yang mudah dipahami
· Menjelaskan cara membuat nainan anak-anak
· Mendemonstrasikan dan menjelaskan cara melakukan
permainan
|
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Petunjuk
membuat mainan
|
Lisan
Lisan
Unjuk
kerja
|
SILABUS
Tema : Pengalaman
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : III/2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
Mendengarkan
Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata)
dan membaca puisi
Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam
karangan sederhana dan puisi
|
5.1 Memberikan tanggapan sederhana
tentang cerita pengalaman teman yang didengar
7.2 Membaca puisi dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat
8.2 Menulis puisi berdasarkan
gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
Cerita pengalaman teman
Membaca puisi
Menulis puisi
|
·
Mendengarkan cerita teman atau cerita guru
·
Menyampaikan tanggapan terhadap cerita teman atau cerita guru
·
Menjelaskan pembacaan puisi yang penuh penghayatan dan menggunakan
lafal/intonasi yang sesuai
·
Memberi contoh cara membaca puisi
·
Membaca puisi
·
Penjelasan cara menulis puisi misalnya ;bahasa yang indah; memperhatikan
bunyi akhir setiap kalimat
·
Memperhatikan dan memahami maksud gambar
·
Menuliskan puisi sesuai gambar
|
· Menyampaikan kalimat tanggapan terhadap cerita teman
yang didengar
· Menbaca puisi dengan penghayatan sesuai isi dan
memperhatikan penggunaan lafal dan intonasi yang sesuai dengan isi
· Menjelaskan isi puisi
· Membuat kalimat sesuai gambar
· Membuat puisi sesuai gambar
|
… JP
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks puisi
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Gambar
|
Lisan
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
SILABUS
Tema :
Komunikasi
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara
lisan dengan bertelepon dan berbicara
Membaca
Memahami
teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata) dan membaca puisi
|
6.1Melakukan
percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan
kalimat ringkas
7.1 Menjawab
dan atau mengajukan mengajukan
pertanyaantentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara
intensif
|
Percakapan melalui telepon
Menjawab dan menyusun pertanyaan
|
· Membaca teks dialog yang berisi percakapan melalui
telepon
· Memperagakan percakapan melalui telepon
· Membaca secara intensif teks bacaan
· Menjawab pertanyaan bacaan
· Membuat kalimat pertanyaan dengan jawaban yang tersedia
|
· Melakukan percakapan melalui telepon menggunakan
kalimat yang ringkas, jelas dan mudah dimengerti
· Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks
· Menyusun pertanyaan dengan kalimat jawaban yang telah
ada
|
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Teks dialog percakapan melalui telepon
Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Teks bacaan
|
Unjuk
kerja
Tertulis
|
SILABUS
Tema : Peristiwa
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Penilaian
|
|||
Mendengarkan
Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara
lisan dengan bertelepon dan bercerita
Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam
karangan sederhana dan puisi
|
5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama
anak yang didengarnya
6.2 Menceritakan peristiwa yang dialami, dilihat atau didengar
8.1 Menulis karangan sedehana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan
kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf
capital dan tanda titik
|
Teks dialog
Menceritakan peristiwa yang dialami
Menulis
karangan berdasarkan gambar seri
|
· Mendengarkan
teks drama yang dibacakan guru
· Tanya
jawab mengenai tokoh-tokoh dalam drama serta watak setiap tokoh
· Melakukan
dialog sesuai dengan tokoh dalam teks drama
· Mendata
peristiwa yang pernah dialami / dilihat / didengar oleh setiap siswa (missal;
bencana alam, kecelakaan, pertengkaran )
· Setiap siswa menceritakan peristiwa yang pernah
dialaminya
· Penjelasan tentang pilihan kata yang tepat dalam sebuah
karangan, ejaan, huruf capital, dan tanda titik
· Mengurutkan gambar seri
· Menuliskan kalimat pokok sesuai dengan gambar yang
telah diurutkan
· Mengembangkan kalimat pokok menjadi sebuah karangan
berdasarkan urutan gambar dengan memperhatikan pilihan kata, ejaan, huruf
besar, dan tanda baca
|
· Menyebutkan nama-nama tokoh dalam drama
· Menjelaskan isi teks drama
· Memerankan tokoh dalam drama
· Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat,
atau didengar dengan bahasa yang baik
· Menggunakan pilihan kata yang tepat dalam karangan
· Menggunakan ejaan dengan tepat dalam karangan
· Menggunakan huruf capital secara tepat dalam sebuah
karangan
· Menggunakan tanda baca secara tepat dalam karangan
|
… JP
… JP
… JP
|
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Teks drama
Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
Buku Bahasa Indonesia kelas 3
Gambar
seri
|
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
|||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
.......................................
Guru Kelas
|
||||||||
terima kasih sangat bermanfaat mengingat sd saya belum menggunakan kurtilas
BalasHapuskak ini untuk silabus ktsp kan kak. makasih ya kak sangat membantu
BalasHapus